Aturan Penomoran SMSC : Mp3JuiceCold

Sekarang telcomcell SMSC baru berubah untuk menjaga komunikasi tidak terganggu

Mungkin banyak dari anda yang belum tahu jika nomor SMS telcomsal baru saja berubah. SMSC adalah singkatan dari Short Message Service Center  atau layanan Short Message Delivery Center yang bertanggung jawab atas kelancaran pengiriman SMS.

Fungsinya dalam perpesanan jaringan nirkabeladalah untuk menangani pemrosesan pesan hingga titik akhir. Tidak hanya itu, pusat layanan ini juga menyimpan pesan yang Anda kirim sebelum mencapai nomor tujuan.

Bagi Anda yang masih aktif berkomunikasi menggunakan SMS, sangat penting, tanpa diragukan lagi, untuk mengetahui nomor SMSC. Sebab, jika  nomor yang dimasukkan dalam pengaturan Short Message Service Center  salah, pesan Anda akan selalu mengalami masalah.

Masalah yang pasti terjadi adalah hp anda tidak bisa mengirim pesan dan selalu muncul pesan  dari service center untuk  kesalahan update  pesan kecil  (gagal update). Hal ini tentunya akan sangat mengganggu dalam aktivitas komunikasi Anda.

Salah satu alasan yang sering dialami oleh para pengguna layanan SMS ini adalah karena mereka tidak mengetahui bahwa nomor provider SMSC telah diubah. Salah satunya adalah Telcomsel,  yang baru-baru ini mengubah jumlah pusat layanan perpesanan kecilnya.

Telcomsel baru tidak hanya terbatas untuk mengetahui nomor SMSC, tetapi Anda juga harus tahu cara mengubahnya. Karena kami akan memberikan informasi selengkap mungkin agar kami  benar-benar dapat  memahami pentingnya nomor SMS telekomunikasi baru untuk berubah sekarang.

Nomor SMS Telecomcell

Nomor SMS Telkomsel terbaru yang wajib kamu gunakan saat ini adalah +62811000000. Jumlah ini tentu berlaku untuk semua provider di bawah manajemen Telcomcell. Jumlah pusat layanan pesan singkat ini berubah beberapa waktu lalu dan masih banyak pengguna yang tidak menyadarinya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan provider yang mengatasnamakan Telkomsel dan  mengalami kendala pengiriman pesan, hal ini mungkin karena nomor tersebut belum diupdate.  Karena ketika Anda mengirim pesan, pesan tersebut akan dikirim terlebih dahulu ke pusat layanan pesan singkat.

Setelah meninggalkan pusat layanan, pesan kemudian dikirim ke nomor tujuan Anda. Selain itu, service center ini akan menyimpan pesan terlebih dahulu ketika nomor tujuan tidak aktif dan akan mengirimkannya kembali setelah diaktifkan.

Jadi, Anda harus tahu bahwa SMSC Telcomsel telah berubah sekarang. Karena jika Anda memasukkan nomor yang tidak valid, pesan Anda tidak akan pernah terkirim.

 Aturan Penomoran SMSC

Setiap provider memiliki nomor yang berbeda, namun ternyata ada aturan tertentu dalam penomoran SMSC.  Angka ini bukan sekadar angka sembarangan, tetapi memiliki arti tersendiri.

SMSC memiliki angka heksadesimal yang memiliki susunan tetap dan susunan angka yang sewenang-wenang terbuka.  Aturan penomoran di pusat layanan pesan heksadesimal SingkaT adalah sebagai berikut.

  1. Di awal nomor adalah kode negara

Seperti yang  Anda lihat di Telcomsel SMSC baru, sekarang  memiliki kode negara Indonesia +62.  Untuk kode negara  lain tidak diragukan lagi berbeda, Anda dapat melihat daftar kode angka dari masing-masing negara.

  1. Ada kode nasional atau internasional

Untuk kode ini Anda dapat melihatnya di nomor setelah kode negara. Kode untuk nomor pusat layanan pesan singkat milik penyedia nasional adalah 81, sedangkan untuk internasional adalah 91.

  1. Angka terbalik

Jika melihat setiap pusat layanan pesan kecil di Indonesia, jumlahnya hampir sama, hanya lokasinya yang terbalik. Selain itu, nomor yang digunakan sangat sederhana. Karena telcomesal SMSC baru berubah sekarang.

  1. Menambahkan huruf F

Menambahkan huruf F ke nomor pusat layanan ini dilakukan jika ada angka yang tidak memiliki pasangan pada nomor heksadesimal. Oleh karena itu, menambahkan huruf F dapat menyelesaikan rangkaian angka heksadesimal.

Cara Ganti SMS Telkomsel

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung bagaimana cara mengubah jumlah pusat layanan pesan singkat. Sehingga hal ini akan kami jelaskan kepada anda yang sedang kesulitan untuk mengirim  SMS  saat ini.

  1. Buka aplikasi SMS

Pertama-tama buka aplikasi Kirim Pesan Singkat di ponsel Anda  .

  1. Buka menu Pengaturan

Setelah membuka aplikasi, Anda sekarang harus membuka menu Pengaturan pada aplikasi. Anda harus memilih pengaturan lain dan memilih pengaturan pada pesan teks.

  1. Menampilkan bagian pusat pesan

Setelah Anda memilih pesan teks, itu akan secara otomatis menampilkan bagian Pusat Pesan. Pastikan nomor yang tertera di bagian ini sesuai dengan SMSC Telkomsel, ganti sekarang.

Jika ternyata hal ini tidak sesuai,  anda bisa menggantinya sendiri dengan nomor +62811000000. Oleh karena itu, aktivitas pengiriman SMS Anda akan disederhanakan lagi.

Pelajari lebih lanjut tentang sifat SMSC

Jika Anda berpikir smsc adalah orang yang menjalankan tugas-tugas kompleks dalam mengirim pesan Anda, maka Anda salah besar. Sebab, SMSC merupakan gabungan dari teknologi hardware dan software.

Meskipun pasti akan ada manusia yang menjalankannya, itu tentu perlu hanya ketika ada hambatan dan pemeliharaan. Karena merupakan perangkat,  maka SMSC harus handal agar dapat meminimalisir gangguan dalam pengiriman  pesan.

SMSC telkomsal baru  Salah satu hal yang akan menyebabkan  jumlahnya berubah sekarang adalah mempertimbangkan perangkat baru yang lebih andal yang memilikikapas Etas yang lebih besar dan lebih tinggi melaluighuput. Selain itu, peningkatan iniseharusnya bisa menskalakan SMS agar lebih disesuaikan.

Pusat layanan pesan singkat ini sekarang dapat berkomunikasi tidak hanya dengan pusat pesan lainnya. Ini karena dengan pesatnya kemajuan teknologi, pusat layanan pesan kecil ini dapat berkomunikasi lintas server dengan protokol SMPP .

Contoh  sederhananya adalah nomor yang Anda gunakan tidak hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan menggunakan SMS, tetapi juga dapat digunakan untuk mengirim pesan menggunakan WhatsApp atau aplikasi serupa  lainnya  .

Cara  kerja  SMSC

Untuk dapat mengirim pesan ke nomor tujuan Anda, prosesnya tidak semudah mengirim dan menerima pesan. Alasannya, SMSC telekomunikasi baru sekarang diubah, tidak diragukan lagi akan mengirimkan sinyal ke HLR terlebih dahulu menggunakan sinyal STP untuk pesan yang Anda kirim.

HLR akan merespons sinyal dengan memastikan nomor tujuan Anda aktif, dan itu akan menunjukkan di mana nomor tersebut berada. Jika nomor tujuan Anda aktif, pesan akan segera dikirim. Tetapi jikanomornya tidak aktif, pusat layanan pesan singkat akan menahan pesan tersebut.

Setelah nomor tujuan diaktifkan, HLR akan mengirimkan sinyal ke SMSC dan memberikan status lokasi lokasinya. Kemudian, Pusat Layanan Pesan Singkat akan mengirim pesan Anda dalam format point-to-point.

Ketika pesan dikirim, akan ada pemberitahuan ‘Pesan Terkirim’ dan SMSC tidak akan mengirim pesan lagi.  Jika pusat layanan pesan singkat sedang sibuk, perlu beberapa saat agar pesan yang Anda kirim mencapai nomor tujuan.

Ini pasti untuk kenyamanan pengguna penyedia. Tidak hanya saat mengirim SMS  , tetapi ketika Anda mengirim pesan menggunakan aplikasi lain yang memerlukan penggunaan nomor telepon.  Jadi penjelasan mengenai SMSC yang baru saja diubah oleh Telcomsel sebenarnya  adalah sesuatu yang harus anda pahami.

Read More :